Jumat, 14 Desember 2012

BENTENG BANGKALAN | ERFPRINS|

Benteng ERFPRINS di Kota Bangkalan. Benteng yang terletak di Jantung Kota Bangkalan ini tepatnya berada di dekat Kantor Polisi SATLANTAS Bangkalan, tiap kali mengantar Ebo’ ke daerah Bancaran, TreTans seringkali melewati benteng ini. Kondisi benteng yang tak terawat yang digunakan oleh Aparat penegak Hukum.
      Tujuannya untuk rumah dinas yang sebelumnya juga pernah digunakan oleh polisi setempat sebagai tempat bangkai mobil yang mengalami kecelakaan. di sisi Benteng digunakan oleh Pedagang Kaki Lima [PKL] untuk mendirikan lapak mereka. disalah satu sudut benteng, ditanami Pohon Jati yang sudah lumayan tinggi, lumut tak kalah menghiasi benteng peninggalan Belanda yang pernah tampil gagah di Bangkalan itu.
PENCARIAN INFORMASI SEPUTAR BENTENG BANGKALAN
Tergelitik diri ingin mengetahui sejarah Benteng Bangkalan itu, TreTans menghubungi Bpk. Hidrochin Sabarudin yang sering malang melintang di dunia sejarah dan budaya madura melalui salah satu media Social Network. Beliau menyarankan untuk menemui Kepala Museum Cakraningrat yaitu Bpk.
 Didik [suatu saat TreTans akan menjelaskan tentang Museum Cakraningrat].  Berbekal informasi dari Beliau, beberapa hari kemudian tepatnya hari Jumat, 2 Maret 2012 TreTans bareng Rosi dan Hoirul Anas [CEO N Founder Abdina.com] kisaran jam 2 kami berangkat menuju Museum Cakraningrat yang berdekatan dengan kantor Pemerintahan Kabupaten Bangkalan. 
 Sampai ditempat itu, kami disambut oleh seseorang dengan pakaian ala kantoran dan kamipun menjelaskan maksud kedatangan kami yaitu ingin mengetahui sejarah Benteng di dekat Kantor Polisi LANTAS Bangkalan. Kemudian beliau menunjukkan sebuah Pigura berwarna kuning dan menyuruh saya untuk mengambilnya. Beliau lantas menjelaskan Pigura tersebut yang berisikan sebuah surat dari Kearsipan Belanda tertanggal 06-05-2010. TreTans pikir ada buku yang menjelaskan tentang asal usul benteng Bangkalan, ternyata yang didapat hanya secarik kertas dengan sedikit informasi yang berarti belum ada penulis atau saksi hidup yang menuliskan secara detail sejarah dari Benteng Kota Bangkalan itu.
 reff by : http://tretans.com/benteng-erfprins-di-kota-bAngkalan , http://abdina.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar