Jumat, 14 Desember 2012

WISATA KOTA BANGKALAN

WISATA KOTA BANGKALAN


WISATA KOTA BANGKALAN

Bangkalan mempunyai potensi pariwisata antara lain taman wisata kota, pantai rongkang, pantai sambilangan, panta siring kemuning,dan  makam aermata.

Taman Wisata Kota
Keberadaan taman wisata ini
relative baru. Namun sudah banyak menarik pengunjung yang ingin melihat keelokan kota Bangkalan. Tempatnya yang sejuk, membuat banyak orang betah untuk tinggal di sana. Posisi taman kota ini, berada di
pusat kota Bangkalan. Tepatnya dibelakang stadion Bangkalan.


Pantai Rongkang
Terletak  di desa Kwanyar posisi selatan kota bangkalan kira-kira 35 km. Kalau anda melewati jembatan Suramadu setelah berada akses sisi madura yaitu sebelum mencapai akses akhir ada traficc light Labang - Kwanyar. Di posisi ini anda belok kekanan ke arah Kwanyar. Potensi wisata pantai Rongkang adalah panatinya seperti Pantai Maneron di luar negeri, kondisinya masih alami , ada bukit batu sepanjang 1 km,kalau sore hari menjelang malam kelihatan lampu penerangan kota Surabaya dan ada habitat pohon jambu biji.

Pantai Sambilangan
Terletak  7 km dari kota Bangkalan dan berada didesa Sambilangan. Dari jembatan Suramadu pada akses sisi madura kita belok kiri menuju Desa Labang kemudian Kamal ( dermaga kapal Ferry) dan selanjutnya menuju desa Sambilangan. Potensi wisata pantai Sambilangan adalah pantainya masih alami , ada mercu suar kapal dengan ketigian bangunan 90 m dibangun pada tahun 1879 oleh ZW Willem III yang dapat dikunjungan wisatawan untuk melihat lalu lintas perahu nelayan dan kapal dagang di Selat Madura, dapat melihat matahari terbenam,hutan Mangrove dan kawasan sawah disekitar pantai.

Pantai Siring Kemuning
Sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan.Konon disitu terletak makam seorang wali yang terkenal dengan nama kiai Sepulu.Keelokan dan keasrian pantai ini sudah tersebar luas hingga indonesia. Pasir pantai yang cantik, membuat pantai ini lebih unik lagi. Apalagi sudah ada tempat bermain untuk anak-anak yang ingin menghabiskan masa liburan bersama keluarga. Posisinya yang strategis, membuat pantai ini mudah untuk di kunjungi,


Makam  Aer Mata
Terletak di desa Buduran kecamatan Arosbaya yaitu kira-kira 10 km kearah utara dari kota Bangkalan. Untuk menuju ke Makam Aer Mata dari jembatan Suramadu kita melewati akses sisi Madura dan belok ke kiri dari akses akhir menuju ke kota Bangkalan dan selanjutnya menuju ke desa Buduran -Arosbaya. Potensi wisata Makam Aer Mata adalah kuburan raja dinasti Cakraningrat I - VII yaitu abad 16 sampai abad 18 terdapat kuburan Kanjeng ratu Syarifah Ambani (permaisuri raja Cakraningrat I yaitu Raden Praseno) dan raja Cakraningrat berikutnya, kanjeng ratu ini adalah cucu Sunan Giri sehingga banyak penziarah dari dalam dan luar negeri.Potensi wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan adalah ukiran warangka kuburan artistik dan bangunannya tidak menggunakan perekat semen melainkan ditata seperti Candi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar