Jumat, 14 Desember 2012

Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat


Noda hitam bekas jerawat tentu sangat mengganggu. Tidak ada yang ingin jerawat mampir di wajah sahabat dan membiarkan begitu saja bekas jerawatnya. Bekas jerawat tidak hanya dapat mengurangi penampilan fisik Anda, tetapi sering dapat mempengaruhi Anda secara emosional. Namun, Anda tidak boleh putus asa dengan kulit bekas jerawat! Ada cara menghilangkan bekas jerawat sehingga wajah menjadi bersih dan mendapatkan kembali kulit yang indah.
Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan setidaknya ada beberapa penyebab jerawat, diantaranya :
1.     Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.
2.     Produksi minyak oleh Kelenjar minyak yang terlalu berlebihan.
3.     Faktor keturuan / genetik
4.     Faktor hormonal ketika seorang anak menginjak remaja (masa puber).
5.     Adanya iritasi kulit.
6.     Sedang mengalami stress.
7.     Menggunakan alat kontrasepsi seperti Pil KB, dan lain sebagainya
Kulit memiliki tiga lapisan yaitu lapisan terdalam atau hipodermis, lapisan tengah (dermis) dan lapisan luar (epidermis). Jerawat bersarang di lapisan terluar kulit kita. Kondisi jerawat dan perlakuan kita terhadap jerawat akan menentukan kondisi kulit kita. Apabila kondisi jerawatnya parah yang menembus ke lapisan epidermis biasanya meninggalkan bekas dan perlu waktu untuk mulus kembali. Juga apabila kita memencet dan mengeluarkan paksa jerawat tersebut padahal jerawat tersebut belum matang, atau mengakibatkan infeksi karena ada kuman yang masuk ke dalam lapisan kulit, maka luka pada lapisan kulit tersebut akan meninggalkan noda hitam. Kadangkala, bekas jerawat yang terlalu parah tidak bisa dihilangkan.
Secara alami, kulit memperbarui diri dan mengelupas secara periodik. Pada usia remaja, peremajaan kulit dan penggantian sel-sel yang rusak biasanya terjadi lebih cepat dibandingkan dengan usia di atas 40 tahun.  Sehingga untuk usia remaja, sangat mungkin noda hitam bekas jerawat akan berangsur hilang seiring dengan penggantian sel-sel kulit.
Memang beragam metode yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan luka bekas jerawat. Dari cara murah yang membutuhkan waktu hingga menggunakan produk perawatan kulit yang lebih cepat.  Prinsip dasarnya cukup sederhana, untuk mengembalikan tekstur kulit ataupun memperhalus penampakan bekas jerawat, anda perlu mengangkat lapisan paling atas dari kulit kita agar lapisan kulit yang baru di bawahnya dapat muncul ke permukaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar