Jumat, 14 Desember 2012

PENCIPTA FACEBOOK


PENCIPTA FACEBOOK
Kejeniusan sang pencipta facebook yaitu Mark Zuckerberg juga sudah dikenal ketika dia duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Yang mana Mark Zuckerberg ketika SMA masuk dalam tim Olimpiade Iptek dan tim Matematika Sekolah. Selain itu dia juga ikut dalam kelompok penggemar bahasa Latin dan Grup Musik. Sang pencipta facebook ini ternyata juga suka bermain Anggar sehingga kesukaannya ini sempat menjadikan dia sebagai pemain terbaik ketika dia mengikuti kejuaraan Anggar yang di adakan di daerah New York.
Namun demikian, kejeniusan sang pencipta facebook yang paling tampak dan di akui adalah kemahirannya dalam menyusun atau membuat program atau softwere yang dijalankan melalui internet. Hal ini menyebabkan sebuah perusahaan raksasa yaitu Microsoft sempat berusaha untuk merekrut Mark Zuckerberg menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Bahkan ini terjadi ketika pencipta facebook ini belum kuliah. Selain itu, perusahaan besar yang juga bergerak di bidang teknologi informasi yaitu AOL juga pernah berusaha merekrutnya.
Sang pencipta facebook ini lahir pada tanggal 14 Mei 1984. Dia mulai mengenal komputer ketika dia mendapatkan sebuah hadiah yaitu komputer dari ayahnya pada saat dia kelas 6 Sekolah Dasar. Ketika itu dia langsung membeli buku yang memuat tentang pemrograman dasar komputer yang berjudul ‘C++ For Dummies.
Ayah dari Mark Zuckerberg adalah seorang dokter gigi yang bertugas di wilayah White Plains, New York. Sang pencipta facebook ini dimasukkan ayahnya ke sekolah negeri hingga dia lulus Sekolah Menengah Pertama. Dan SMA nya dia disekolahkan di sekolah swasta yang mahal dan memiliki asrama yaitu Phillips Exeter Academy.
Sang pencipta facebook Mark Zuckerberg juga pernah menciptakan sebuah game komputer yaitu game papan Risk dengan background kekaisaran Romawi. Game ini dibuat ketika dia kelas 3 SMP. Dan mark pun semakin terkenal sebagai pakar komputer ketika dia SMA. Bersama dengan teman sekelasnya yang bernama Kristopher Tillery, Mark Zuckerberg pernah membuat sebuah website yang dapat digunakan oleh siswa Exeter untuk membeli makanan kecil melalui Internet.
Sang pencipta facebook ini bersama Adam D’Angelo yang merupakan teman sekamarnya juga pernah membuat sebuah softwere untuk menjalankan MP3. Nama softwere tersebut yaitu Synapse yang dapat melacak apa saja kegemaran dari orang yang memutar MP3 melalui softwere tersebut. Dan softwere ini juga berusaha di beli oleh Microsoft dan AOL.
Ketika itu, perusahaan besar Microsoft dan AOL juga berusaha untuk menjadikan mereka berdua sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Tetapi apa yang terjadi, Mark Zuckerberg sang pencipta facebook ini bersama dengan temannya menolak tawaran tersebut. Mark Zuckerberg pun kuliah dengan mengambil jurusan Psikologi di Harvard. Sungguh jurusan ini jauh sekali dengan dunia komputer. Tetapi Zuckerberg juga sambil mengambil kuliah-kuliah tentang komputer.
Kemudian Sang pencipta facebook Zuckerberg pun membuat situs dan juga aplikasi-aplikasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Salah satu websitenya yaitu Coursematch.com. Pada situs tersebut mahasiswa dapat menulis mata kuliah yang diambilnya dan mahasiswa tersebut dapat melihat siapa saja yang mengambil mata kuliah yang sama. Perkembangan Situs ini sangat bagus dan populer tetapi pada akhirnya berantakan karena Mark Zuckerberg menggunakan laptopnya untuk server yang tidak kuat karena banyak orang yang mengaksesnya.
Sebagai manusia biasa yang punya cinta, sang pencipta facebook ini pun jatuh cinta namun cintanya ditolak dan Mark Zuckerberg pun patah hati. Yang kemudian memunculkan idenya untuk membuat sebuah website yang bernama facemash.com. website ini konsepnya adalah meledek teman-teman ceweknya. Yang mana dia mengambil data teman-teman cewek sekelasnya. Kemudian data tersebut dipajang di facemash.com sehingga visitor dari website tersebut dapat membandingkan dengan yang lainnya. Pada awalnya malah dia ingin membandingkan data-data cewek yang ada di websitenya tersebut dengan binatang tetapi akhirnya dia batalkan.
Di Harvard, website ini pun menjadi populer. Sekitar 450 orang mahasiswa yang kuliah di Harvard mendaftar di website tersebut dalam semalam. Dan sekitar 22 ribuan halaman juga di buka dalam semalam. Dan kemudian otoritas dari Harvard mengetahui ulah dari Mark Zuckerberg yang kemudian memintanya untuk menutup situs tersebut.
Gagasan dalam membuat facebook ternyata sudah tersebar luas di kalangan Harvard. Sekitar 10 bulan sebelum diluncurkannya facebook, Divya Narendra yaitu seorang mahasiswa yang juga keturunan India mencetus sebuah gagasan yaitu membuat website sosial untuk mahasiswa. Dan Mark Zuckerberg lah yang kemudian ditawarkan untuk pengerjaan website ini. Dia pun bersedia. Namun seiring dengan waktu yang berlalu, Zuckerberg malah menciptakan sebuah program yang bernama facebook yang dibantu oleh temannya yaitu Chris Huges, Eduardo Saverin, dan Dustin Moskovitz. Yang tentu saja membuat Narendra kecewa dan menuduh Mark Zuckerberg  mencuri  ide dan gagasannya.
Gara-gara Sean Parker,  Mark Zuckerberg akhirnya keluar dari Harvard. Hal ini salah satunya dikarenakan pacarnya dan juga temannya kecanduan dengan facebook. Namun demikian, Mark Zuckerberg dan Eduardo Saverin diajak bertemu oleh Parker di Lembah Silikon, California untuk membicarakan cara mengumpulkan dana. Dan akhirnya Parker pun bertemu dengan mereka yang mendirikan facebook dalam waktu kurang dari satu bulan. Yang kemudian mempertemukan mereka dengan para pemberi modal.
Dan selanjutnya facebook pun semakin populer dan terkenal yang membuat sang pencipta facebook Mark Zuckerberg menjadi orang yang sangat kaya dengan kekayaan sekitar US$ 1,5 Milyar. Namun demikian sang pencipta facebook ini masih terlihat seperti anak muda lainnya yang kemana-mana menggunakan baju kaos dengan celana jeans dan memakai sendal. Tidak lupa juga membawa Blackberry dan 2 buah ponsel beserta iPhone yang selalu dibawanya.
Dan itulah cerita tentang pencipta facebook.

Sumber : http://www.otaktik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar